Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi

Putri, Brilianda (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_BRILIANDA_PUTRI_20016067_4876_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunakan model pembelajaran CIRC. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunakan model pembelajaran konvensional. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi yang terdaftar tahun 2023/2024 sebanyak 216 siswa. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X E 3 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas X E 6 yang berjumlah 36 siswa dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan model pembelajaran CIRC dan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi. Analisis data penelitian ini menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata – rata 81,29. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata – rata 68,52. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)=(n-1) karena thitung>ttaabel, yaitu (4,40>1,69). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan CIRC dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorUlya, Ridha HasnulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:32
Last Modified: 20 Aug 2024 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53424

Actions (login required)

View Item View Item