Miona, Aprilia Ariesti
(2024)
Tindak Tutur Direktif Guru pada Proses
Pembelajaran Teks Negoisasi di Fase E SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu, pertama untuk mendeskripsikan bentuk
tindak tutur direktif yang digunakan guru pada proses pembelajaran teks negoisasi
di fase E SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Kedua, untuk mendeskripsikan srategi
bertutur pada tindak tutur direktif pada proses pembelajaran teks negoisasi di fase
E SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data
yang digunakan dalam penelitian ini ialah tuturan guru berupa kata, frasa atau
kalimat yang dikomunikasikan oleh guru pada proses pembelajaran teks negoisasi
di fase E SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Sumber data penelitian ini adalah
tuturan guru bahasa Indonesia yakni ibu Gusnita Roza Putri S,Pd., Gr. Instrumen
penelitian ialah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data
ialah teknik SBLC dan catat.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, pertama tindak tutur direktif yang
digunakan dalam proses pembelajaran teks negoisasi terdiri dari lima bentuk
yakni tindak tutur menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut dan menantang.
Tindak tutur menyuruh yang ditandai dengan pemarkah “Coba” dan intonasi yang
naik, tindak tutur direktif memohon ditandai dengan pemarkah “Tolong” dan
“Mohon”, tindak tutur direktif menyarankan ditandai dengan pemarkah
“Sebaiknya”, “Hendaknya” dan kalimat yang bermakna pemberian saran dari
penutur, tindak tutur direktif menuntut bermaksud mengajak atau menganjurkan
supaya mitra tutur berbuat sesuatu dan tindak tutur direktif menantang yang
ditandai dengan penggunakan kalimat menantang seperti “Siapa yang bisa”. Dari
kelima bentuk tindak tutur direktif tersebut, tindak tutur yang paling dominan
ditemukan ialah bentuk tindak tutur direktif menyuruh dan yang paling sedikit
tindak tutur direktif memohon dan menantang
Kedua, srategi bertutur yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran
teks negoisasi di fase E SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping yaitu srategi Bertutur
Terus Terang tanpa Basa-Basi (BTTB), Bertutur Terus Terang dengan Basa-Basi
Kesantunan Positif (BTDKP), Bertutur Terus Terang dengan Basa-Basi
Kesantunan Negatif (BTDKN) dan Bertutur Samar-Samar (BSS). Dari berbagai
macam klasifikasi srategi bertutur, srategi BTTB ditemukan paling dominan
dalam proses pembelajaran dengan bentuk tindak tutur menyuruh. Untuk srategi
yang paling sedikit ditemukan yaitu srategi bertutur samar-samar dengan
subsrategi menggunakan isyarat.
Actions (login required)
|
View Item |