Efektivitas Modul Praktikum IPA Terpadu Terintegrasi STEM dengan Pendekatan Etnosains terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMPN 7 Sijunjung

Rizky, Devani (2023) Efektivitas Modul Praktikum IPA Terpadu Terintegrasi STEM dengan Pendekatan Etnosains terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMPN 7 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_DEVANI_RIZKY_19231110_716_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan modul praktikum IPA terpadu terintegrasi STEM dengan pendekatan etnosains pada materi dalam sistem kehidupan terhadap kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas VII.4 dan VII.5 sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postest lebih tinggi daripada nilai pretest dan hasil perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dalam kriteria tinggi dengan nilai 0,81, sedangkan pada kelas kontrol dalam kriteria sedang dengan nilai 0,69. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul praktikum IPA terpadu terintegrasi STEM dengan pendekatan etnosains efektif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 7 pada materi energi dalam sistem kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Evita RahmaUNSPECIFIED
CorrectorLestari, TutiUNSPECIFIED
CorrectorZahra, Firda AzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PRAKTIKUM IPA, KEMAMPUAN KOGNITIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:50
Last Modified: 15 Aug 2024 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53352

Actions (login required)

View Item View Item