Anissi, Rinta Adestya
(2024)
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis
Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPS Terpadu
untuk Siswa Kelas VIII SMP.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran IPS Terpadu khususnya materi Sumber Daya Manusia
(SDM) dan Kualitas Penduduk di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang
dilaksanakan masih terpaku pada bahan ajar pegangan guru dan pegangan siswa.
Guru tidak menggunakan lingkungan belajar interaktif yang mengintegrasikan
teknologi dan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan membuat siswa kurang belajar mandiri dan tidak
memahami konsep materi pembelajaran, sehingga siswa akan kurang aktif dan
kurang bersemangat dalam belajar.
Pengembangan multimedia interaktif berbasis model Problem Based
Learning (PBL) menggunakan model ADDIE yang mana mencakup tahap
analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap
evaluasi. Pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL ini diuji validitasnya
oleh tiga ahli yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Pelaksanaan uji praktikalitas
dan uji efektivitas di SMPN 22 Padang dengan seorang guru dan 60 siswa untuk
melihat keefektifan multimedia interaktif berbasis PBL tersebut.
Berdasarkan tahap-tahap pengembangan tersebut dikembangkan
multimedia interaktif yang sangat valid dengan hasil validitas materi 87,5%, hasil
validitas media 89.9% dan hasil validitas bahasa 100%, dengan rata-rata
persentase validitas multimedia interaktif berbasis PBL sebesar 92,46%.
Kepraktisan dengan kategori sangat praktis dengan hasil oleh guru sebesar
97,92%, dan hasil oleh siswa sebesar 86,85%. Keefektifan dengan kategori sangat
efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa
sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) penggunaan multimedia interaktif ini
dalam pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif
berbasis model PBL ini dinyatakan berkategori sangat valid, praktis dan efektif
bila digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |