Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang

Fauziah, Siska Rahmatul (2024) Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran di Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SISKA_RAHMATUL_FAUZIAH_20016110_3050_2024.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan tindak tutur sebagai proses komunikasi guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan tindak tutur yang baik akan menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif guru, tindak tutur direktif yang dominan digunakan oleh guru serta strategi bertutur yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas lihat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Teknik pengabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 226 tuturan tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang dengan bentuk tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 73 tuturan, memohon sebanyak 5 tuturan, menasehati sebanyak 3 tuturan, menyarankan sebanyak 3 tuturan, menantang sebanyak 59 tuturan dan bertanya sebanyak 83 tuturan. Tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru yaitu tindak tutur direktif bertanya dengan 83 tuturan. Strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 4 padang ditemukan sebanyak 226 strategi, yaitu bertutur terus terang tanpa basa-basi dengan 147 tuturan, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif sebanyak 72 tuturan, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif sebanyak 3 tuturan, dan bertutur samar-samar sebanyak 4 tuturan. Strategi bertutur yang dominan digunakan yaitu strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dengan 147 tuturan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru adalah tindak tutur bertanya karena guru menginginkan siswanya terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan paham terhadap materi yang disampaikan. Tindak tutur yang sedikit digunakan yaitu tindak tutur menasehati dan menyarankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR DIREKTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:49
Last Modified: 15 Aug 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53341

Actions (login required)

View Item View Item