Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Perawatan Refleksiologi di Program Studi D4 Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Cinthia, Deby (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Perawatan Refleksiologi di Program Studi D4 Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_DEBY_CINTHIA_18138041_2976_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis video tutorial yang valid, praktis, dan efektif pada mata kuliah Perawatan refleksiologi yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasis video tutorial. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: Validitas media pembelajaran berbasis video tutorial dinyatakan valid pada aspek media dan aspek materi. Praktikalitas media pembelajaran berbasis video tutorial dari respon dosen dan mahasiswa dinyatakan sangat praktis. Efektivitas media pembelajaran berbasis video tutorial dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran pada mata kuliah Perawatan refleksiologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliana, YulianaUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, HansiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:49
Last Modified: 13 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53298

Actions (login required)

View Item View Item