Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Gambar Seri di Kelas IV SDN 02 Paladangan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam

Vista, Aprima (2023) Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Gambar Seri di Kelas IV SDN 02 Paladangan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_APRIMA_VISTA_19124041_2839_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis karangan narasi siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya guru belum menggunakan media dan model pembelajaran yang cocok, proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, serta pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan gambar seri di kelas IV SDN 02 Paladangan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau mix method. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Paladangan yang berjumlah 18 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, tes, dan non tes. Instrumen penelitian berupa lemabar penilaian modul ajar, lemabar observasi, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) modul ajar siklus I 82,14% (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 75% (Baik) dan siklus II 85% (Baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I 75% (Baik) dan siklus II 85% (Sangat Baik), c) penilaian terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 69,1 dan siklus II dengan rata-rata 80,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:25
Last Modified: 12 Aug 2024 09:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53285

Actions (login required)

View Item View Item