Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Newman’s Eror Analisys (NEA) Pada Peserta Didik Kelas IX.3 SMP Negeri 20 Padang

Irviony, Tiara (2023) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Newman’s Eror Analisys (NEA) Pada Peserta Didik Kelas IX.3 SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TIARA_IRVIONY_16029136_2915_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tercapainya pembelajaran matematika dapat dilihat melalui evaluasi. Namun, hasil evaluasi di kelas IX SMP Negeri 20 Padang masih rendah. Hal ini dikarenakan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu, dilakukan analisis terhadap kesalahan tersebut untuk mengukurkualitas terhadap jawaban peserta didik. Salah satu solusi untuk mengukurkualitas jawaban peserta didik dengan menggunakan analisis kesalaanberdasarkan Newman’Error Analysis (NEA). Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan indikator kesalahan Newman yang meliputi kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak sepuluh orangpeserta didik kelas IX SMPN 20 Padang. Rincian pengambilan subjek yaitu tiga subjek berkemampuan matematika tinggi, empat subjek berkemampuan matematika sedang, dan tiga subjek berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian cenderung melakukan (a) kesalahan membaca soal berupa kesalahan membaca informasi yang penting pada soal dan tidak menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan soal dan kesalahan memahami soal berupa kesahan memaknai informasi yang ada pada soal atau menulis diketahui atau ditanya tapi tidak sesuai dengan informasi soal; (b) kesalahan transformasi soal berupa tidak mampu mentransformasi soal ke dalam bentuk pola dan barisan atau mampu menemukan pola pada soal, tetap salah; (c) kesalahan keterampilan proses berupakesalahan dalam mengidentifkasi operasi atau metode yang diperlukan, atau metode yang dipilih sudah benar tetapi salah tanda operasi, dan melakukn perhitungan tetapi salah; (d) kesalahan menulis jawaban akhir berupa tiak menuliskan jawaban, melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya, atau tidak menyelesaikan perhitungan sesuai dengan yang diminta soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorSri Elniati, Sri ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NEWMAN’S EROR ANALISYS (NEA)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:18
Last Modified: 08 Aug 2024 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53243

Actions (login required)

View Item View Item