Strategi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Islami Peserta Didik di SMPN 24 Padang

Sari, Retna (2022) Strategi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Islami Peserta Didik di SMPN 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Retna_Sari_18329080_787_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : 1) Strategi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Islami hal Ibadah dan juga hal Akhlak terhadap Peserta Didik di SMPN 24 Padang 2) Evaluasi terhadap peserta didik mengenai penggunaan strategi yang dilakukan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Islami peserta didik 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Islami peserta didik di SMPN 24 Padang Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 24 Padang. Tekinik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan juga wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tekinik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, pengecekan data kembali dengan teknik yang berbeda sehingga mendapatkan daa yang valid Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Islami hal ibadah dan juga hal akhlak peserta didik yaitu dengan menggunakan strategi melalui metode keteladanan, pembiasaan, dan juga nasehat. 2) Evaluasi terhadap peserta didik mengenai penggunaan strategi yang dilakukan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Islami peserta didik di SMPN 24 Padang yaitu dengan selalu mengontrol perilaku dan juga ibadah dari peserta didik. 3) Faktor pendukung dalam membentuk kepribadian Islami peserta didik adalah pihak sekolah, terutama kepala sekolah, guru, wali murid, dan juga masyarakat sekitar. Kemudian faktor penghambatnya adalah, dari tingkat kemauan siswa itu sendiri, penggunaan gadget, lingkungan teman, dan juga lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:58
Last Modified: 07 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53217

Actions (login required)

View Item View Item