Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok

Maber, Rezha Hermawati (2022) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Rezha_Hermawati_Maber_18329131_324_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan yang ditemukan di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas X IIS 1 pada materi perilaku Kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), prasangka baik (Husnuzzhan), dan persaudaraan (Ukhuwah) mata pelajaranPAI, hal tersebut dipicu oleh berbagai kesulitan dalam belajar yang dialami oleh peserta didik. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada materi ini dan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar serta bagaimana cara guru PAI mengatasi peserta didik yang kesulitan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari wakil kesiswaan, guru PAI, guru BK, 10 peserta didik dan orang tua. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawanara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukan bahwa jenis kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik yaitu (1) peserta didik kesulitan membaca Al-Qur’an, (2) peserta didik lambat dalam memahami pembelajaran dan (3) peserta didik kesulitan dalam mengontrol emosionalnya. Sedangkan faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar pada peserta didik yaitu terdapat dua faktor, pertama faktor internal yaitu rendahnya intelegensi dan minat belajar, kedua faktor eksternal yaitu kurangnya motivasi belajar dari keluarga, metode belajar yang kurang bervariasi, dan teknologi yang membuat peserta didik malas untuk belajar. Adapun cara guru mengatasi kesulitan belajar peserta didik yang dilakukan guru yaitu (1) menggunakan metode belajar yang bervariasi, (2) remedial pelajaran, (3) memberikan motivasi belajar dan (4) memberikan tugas tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorIkhlas, AlUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:58
Last Modified: 07 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53216

Actions (login required)

View Item View Item