Hubungan Konsep Diri dengan Penerimaan Diri Siswa SMA Negeri 7 Padang

Neisha, Fella Hanna (2024) Hubungan Konsep Diri dengan Penerimaan Diri Siswa SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FELLA_HANNA_NEISHA_20006014_2254_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dliatarbelakangi karena rendahnya penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Padang. Banyak faktor yang mempengaruhi penerimaan diri salah satunya adalah konsep diri. Konsep diri siswa di SMA Negeri 7 Padang juga mengalami permasalahan. Lebih lanjut dilakukan penelitian tentang hubungan konsep diri dengan penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Padang. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis konsep diri siswa; (2) menganalisis penerimaan diri siswa; (3) menguji hubungan konsep diri dengan penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Padang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 273 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik startified proposional random sampling. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen konsep diri dan penerimaan diri berbentuk angket dengan model skala likert. Teknik analisis data digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS Versi 20.0 for windows.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) konsep diri siswa berada pada kategori baik dengan persentase 67,03 %, yang berarti banyak siswa yang menjadi sampel memiliki konsep diri baik; (2) penerimaan diri siswa berada pada kategori baik dengan persentase 60, 81 %, yang berarti banyak siswa yang menjadi sampel memiliki penerimaan diri baik; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan penerimaan diri siswa SMA Negeri 7 Padang dengan koefisien korelasi 0,349 pada taraf signifikasi 0, 000 Artinya semakin tinggi konsep diri semakin tinggi pula penerimaan diri siswa atau sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan Guru BK agar dapat berperan aktif dalam mencegah, mengatasi, dan mempertahankan konsep diri positif dan penerimaan diri siswa yang baik. Dengan memberikan bantuan layanan yang berhubungan dengan konsep diri dengan penerimaan diri. Layanan yang diberikan adalah layanan informasi, konseling individual dan bimbingan kelompok mengenai konsep diri dan penerimaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZikra, ZikraUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:11
Last Modified: 30 Jul 2024 05:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53113

Actions (login required)

View Item View Item