Upaya Guru PAI dalam Memperbaiki Perilaku Menyimpang Sosial Siswa di SMP Negeri 22 Padang

Febriani, Ike (2022) Upaya Guru PAI dalam Memperbaiki Perilaku Menyimpang Sosial Siswa di SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Ike_Febriani_18329179_413_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam memperbaiki perilaku menyimpang sosial siswa di SMP Negeri 22 Padang, yang pertama yaitu apa saja bentuk perilaku menyimpang sosial siswa di SMP Negeri 22 Padang, apa faktor penyebab dalam perilaku menyimpang sosial siswa di SMP Negeri 22 Padang, dan bagaimana upaya guru PAI dalam memperbaiki perilaku menyimpang sosial siswa di SMP Negeri 22 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah tiga orang informan melalui wawancara yang terdiri dari guru PAI, guru BK, dan siswa di SMP Negeri 22 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam memperbaiki perilaku menyimpang sosial di SMP Negeri 22 Padang yaitu Pertama: terkait bentuk perilaku menyimpang sosial siswa di SMP Negeri 22 Padang yaitu: a) tidak sopan kepada guru, b) berkata kasar, c) membawa hp ke sekolah, d) tidak mengumpulkan tugas PAI, e) bolos. Kedua, terkait faktor penyebab perilaku menyimpang sosial siswa ada tiga yaitu: a) faktor keluarga, b) faktor teman. c) faktor lingkungan masyarakat. Ketiga, terkait upaya guru PAI dalam memperbaiki perilaku menyimpang sosial siswa ada tiga yaitu: a) upaya preventif (memberi bimbingan), b) upaya represif (memberi peringatan), c) upaya kuratif (memberi hukuman atau sanksi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:07
Last Modified: 29 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53088

Actions (login required)

View Item View Item