Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Unjuk Diri pada Anak Disabilitas Intelektual Melalui Permainan Tim

Melina, Erna (2024) Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Unjuk Diri pada Anak Disabilitas Intelektual Melalui Permainan Tim. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ERNA_MELINA_20003061_2510_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada satu anak tunagrahita yang kurang percaya dengan kemampuannya sehingga anak tersebut tidak ikut berpartisipasi aktif di dalam kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak tersebut pada aspek unjuk diri, khususnya berani menjawab pertanyaan guru menggunakan permainan tim. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Single Subject Research (SSR) berdesain A-B-A. Variabel X padan penelitian ini yaitu permainan tim, sedangkan variabel Y pada penelitian ini adalah rasa percaya diri dengan unjuk diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan frekuensi unjuk diri khususnya menjawab pertanyaan pada anak tunagrahita melalui permainan tim. Hal ini dibuktikan dengan kondisi A1 dengan frekuensi 1,2,2,2 dan persentase 75%. Kondisi B dengan frekuensi 2,4,4,5,4,5,5,5 dengan persentase 85%, dan kondisi A2 dengan frekuensi 3,5,5,5 dan persentase 75%. Setelah dianalisis, maka permainan tim dapat meningatkan perilaku percayadiri dengan unjuk diri bagi anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfendi, JonUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:32
Last Modified: 26 Jul 2024 09:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53085

Actions (login required)

View Item View Item