Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Dalam Pembuatan Komik Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SD Negeri 11 Koto Tuo Kabupaten Sijunjung

Yunelza, Amirah (2024) Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Dalam Pembuatan Komik Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SD Negeri 11 Koto Tuo Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AMIRAH_YUNELZA_20129244_2766_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya nilai keterampilan peserta didik dalam pembuatan komik sederhana dalam pembelajaran seni rupa. Hal ini terjadi karena pembelajaran seni rupa masih terfokus pada materi dan guru belum melaksanakan pembelajaran dimana peserta didik diajarkan juga mengenai langkah-langkah dalam pembuatan sebuah karya serta modul ajar yang digunakan belum runtut dan lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan peserta didik dalam pembuatan komik sederhana menggunakan model Project Based Learning di kelas IV SDN 11 Koto Tuo Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan non tes, Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa hasil penilaian keterampilan peserta didik dan data kuantitatif berupa observasi dan hasil karya peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan peserta didik kelas IV SDN 11 Koto Tuo yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penilaian modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 82,81% (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 79,16% (C), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 81,24% (C), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Keempat, hasil keterampilan peserta didik dalam pembuatan komik sederhana pada siklus I diperoleh rata-rata 73,53 (K), meningkat pada siklus II menjadi 82,84 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran seni rupa mengenai pembuatan komik sederhana di kelas IV SDN 11 Koto Tuo Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:34
Last Modified: 26 Jul 2024 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53052

Actions (login required)

View Item View Item