Rahmita, Aini Shafa
(2024)
Pengaruh Game Edukasi Number Kids Terhadap Kemampuan Berhitung
Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi anak memgalami kesulitan dalam memahami kemampuan berhitung, dan kurangnya penggunaan media pendukung yang digunakan guru terhadap kemampuan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh game edukasi number kids terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Experiment. Populasi adalah seluruh murid Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya, dengan sampelnya yaitu kelas B3 (Kontrol) dan kelas B5 (Eksperimen) yang masing-masing berjumlah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan 5 butir item instrumen pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi software IBM Statistics SPSS 25.
Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata pre-test 12,57 dan post test 18,07. Sementara pada kelas kontrol hasil pre-test 10,71 dan post-test 15,57. Hasil penelitian menujukkan bahwa data untuk kelas eksperimen dengan game edukasi number kids dan kelas kontrol vidio pembelajaran berdistribusi normal dan homogeny. Dengan hasil kemampuan berhitung anak pada kelas kontrol dan eksperimen pada tahap post-test diperoleh rata-rata kelas ekperimen 18,07 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata post-test 15,57. kemudian nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat dsimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media game edukasi number kids terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya.
Actions (login required)
|
View Item |