Pengembangan Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 1 Padang

Ikhlas, Wahyu (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WAHYU_IKHLAS_18061014_18061014_34_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran video animasi pembelajaran guru visual tiga dimensi di jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung pada KD 3.19 di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran visual tiga dimensi pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan mengadaptasi model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket untuk uji validasi media dan uji praktikalitas media. Penelitian ini dilakukan pada siswa/i SMK Negeri 1 Padang kelas XII terkhususnya pada jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dalam mata pelajaran Konstruksi Utilitas Gedung (KUG). Hasil uji validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan valid dengan tingkat kevalidan oleh ahli materi dan media 1 sebesar 89%, ahli media dan materi 2 sebesar 83%, dan ahli materi 3 sebesar 88%. Uji praktikalitas media pembelajaran visual tiga dimensi berdasarkan penilaian oleh siswa sebesar 82% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media yang dihasilkan dapat dinyatakan sangat valid. Berdasarkan uji efektivitas dengan uji independent sample t-test memperoleh hasil, dengan t hitung = 7,365 > t tabel = 2,00324 dan signifikansi = 0,000 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima yang berarti efektivitas penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi lebih tinggi dibandingkan pembelajaran menggunakan modul dan jobsheet. Dapat disimpilkan media pembelajaran visual tiga dimensi menghasilkana peningkatan hasil belajaran siswa pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XII SMK Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Rusnardi RahmatUNSPECIFIED
CorrectorGiatman, GiatmanUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDApdeni, RismaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:50
Last Modified: 22 Jul 2024 09:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52980

Actions (login required)

View Item View Item