Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang

Yunita, Erima Eni (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ERIMA_ENI_YUNITA_20016072_3902_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang setelah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Penelitian ini menggunakan tiga teori utama. Ketiga teori itu digunakan dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi. Kedua, model discovery learning berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Ketiga, pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan bentuk one-group-pre-test-post-test desain. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks eksplanasi pada sampel. Berdasarkan penganalisisan data ditemukan tiga hal berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual memperoleh rata-rata sebesar 69,37 dengan kualifikasi Ldc (Lebih dari cukup). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa setelah melakukan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual memperoleh rata-rata sebesar 80,20 dengan kualifikasi Bk (Baik). Ketiga, model discovery learning berbantuan media audiovisual layak untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis tek eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih baik dari pada tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:50
Last Modified: 18 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52921

Actions (login required)

View Item View Item