Pengembangan Video Tutorial Bahan Ajar Mata Pelajaran CNC/CAM Jurusan Teknik Pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan.

Chandra, Rofi (2024) Pengembangan Video Tutorial Bahan Ajar Mata Pelajaran CNC/CAM Jurusan Teknik Pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_05_ROFI_CHANDRA_21138043_1349_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dimulai pada awal abad ke-20, ilmu pengetahuan dan teknologi maju dengan kecepatan yang semakin pesat sehingga memunculkan teknologi informasi dan metode industri yang dikontrol secara otomatis. Mesin industri tidak lagi dikendalikan oleh tenaga manusia, tetapi menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) atau sistem otomatisasi berbasis komputer. Pendidikan kejuruan salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan wadah pendidikan untuk membentuk sumber daya manusia yang dapat membantu pembangunan bangsa Indonesia khususnya dalam dunia teknologi dan industri. SMK Dhu'afa Padang mempunyai beberapa keterbatasan dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah penggunaan bahan ajar yang tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan bahan ajar berupa media pembelajaran berbasis video tutorial mata pelajaran CNC/CAM Jurusan Teknik Permesinan SMK Dhu'afa Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D), yaitu define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket. Subjek penelitian adalah 36 siswa Jurusan Teknik Permesinan SMK Dhu’afa Padang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, prkatikalitas dan efektifitas. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan video tutorial. Hasil penilaian kelayakan Video Tutorial CNC/CAM berdasarkan Ahli Materi dan Media diperoleh persentase seluruh aspek sebesar 87,12% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan Praktisi Pembelajaran CNC/CAM SMK Dhu’afa Padang diperoleh persentase seluruh aspek sebesar 84,85% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil belajar siswa dilihat berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dengan persentasenya dikategorikan efektif. Berdasarkan perbedaan hasil kelas eksperimen dengan kelas kontrol didapatkan nilai yang signifikan untuk kelas eksperimen sehingga dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:31
Last Modified: 16 Jul 2024 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52892

Actions (login required)

View Item View Item