Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SD Negeri 1 Pekanbaru

Siregar, Lindasari (2024) Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SD Negeri 1 Pekanbaru. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_LINDASARI_SIREGAR_22161013_434_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan oleh sekolah dan Stakeholder untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran SBdP. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatanan alisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan studi pustaka, observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penetapan informan sebagai sumber data berdasarkan pertimbangan tujuan, bahwa peneliti cenderung memilih informan pada guru kelasIV-A, V-B dan VI-C dengan alasan dianggap paling tahutentangtujuan yang diharapkan dan memudahkanpenelitimenjelajahisituasiatauobjek yang diteliti. Informanterpilihdalampenelitianiniadalahpengawassekolah, kepalasekolah, Staff Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, sertaorangtuasiswa. Data dianalisisdenganreduksi data, penyajian data, dan penarikansimpulan. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa SD Negeri 1 PekanbarutelahmelaksanakanpembelajaranSBdPdengancukupbaik, guru telahmerancangpembelajaransecarasistematis, mengaplikasikanberbagaimetode dan strategipembelajaran, sertamelakukanevaluasihasilbelajar. Namun, dalam tahap pelaksanaan, ada ketidaksesuaian materi yang tercatat di RPP dengan yang diajarkan guru, langkah-langkah pembelajaran ada yang terlewatkan seperti menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan penilaian afektif dan refleksi pembelajaran. Guru lebih banyak mengajarkan aspek kognitif tanpa media pembelajaran, alatpembelajaran yang terbatas, sedangkanuntukaspekpsikomotornya guru mengajarkansesuaikemampuan yang dimiliki, sehinggapesertadidikkurangketertarikannyadalampembelajaranSBdP. Hal inidisebabkankarenamasihterbatasnyapemahaman guru dalammengajarkansemuamateri, tidaksemuaguru yang mengajarsenisesuaidengandisiplinilmuseni, guru mengajarkanmatericenderungterbatas pada yang disenangisaja, selainitusaranadan prasarana pun masihterbatas, dan alokasiwaktu pembelajaran hanya 3 jam pelajaran per minggu masih kurang efisien.Sekolah dan Stakeholder telahmelakukanbeberapaupayadalammengatasikendalatersebutyaknimeningkatkankompetensipendidikdalamSBdP, meningkatkankreativitas guru dalammerancangpembelajaran. sarana dan prasana yang memadai, perlupartisipasi orang tua di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler seni, pelaksanaan ajang FL2SN serta Program SekolahSahabatKeluarga yang ditajah oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Disarankanguru mengembangkanpotensidengandukunganberbagaikomponendalammeningkatkankualitaspembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudiwirman, BudiwirmanUNSPECIFIED
CorrectorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:44
Last Modified: 16 Jul 2024 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52884

Actions (login required)

View Item View Item