Perilaku Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Chatgpt Dikalangan Mahasiswa Studi Kasus “ Mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang"

Rizki, Oki Fitrian (2024) Perilaku Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Chatgpt Dikalangan Mahasiswa Studi Kasus “ Mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_OKI_FITRIAN_RIZKI_20058113_3584_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abad ke-21 ditandai oleh era digital, di mana teknologi informasi dan komunikasi berperan penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan TIK semakin meluas dengan hadirnya Artificial Intelligence, terutama dalam pendidikan, membantu memecahkan berbagai masalah seperti akses terhadap referensi. Salah satu AI yang akhir – akhir ini menjadi sorotan adalah ChatGPT, menarik perhatian peneliti dan akademisi. ChatGPT adalah kependekan dari Chat Generative Pretrained Transformer, sebuah teknologi kecerdasan buatan canggih yang dikembangkan oleh OpenAI. Tujuan dari penelitian ini ingin melihat bagaimana Perilaku Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Chat GPT Di Kalangan Mahasiswa Departemen Sosiologi di Universitas Negeri Padang menggunakan Chat GPT dalam membantu berbagai macam pekerjaan mereka terutama dalam kegiatan akademik mahasiswa seperti membuat artikel dan makalah perkuliahan, hal ini sangat penting karena mahasiswa merupakan salah satu pengguna Chat GPT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Rasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method (kuantitatif dan kualitatif). Informan penelitian adalah mahasiswa Departemen Sosiologi UNP yang berjumlah 8 orang. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memanfaatkan Chat GPT melakukan sebuah tindakan yang dirasa logis dan masuk akal bagi mereka. Saat diberi tugas yang banyak serta deadline yang singkat mereka lebih memilih memanfaatkan Chat GPT. Sehingga muncullah perilaku unik dalam pemanfaatan Chat GPT oleh mahasiwa yaitu ; Mencari Referensi Tugas, Untuk Mengerjakan Tugas Secara Instan dan Sebagai Tempat Curhat. Perilaku pemanfaatan Chat GPT dari mahasiswa departemen sosiologi yang berada pada tiga kegiatan, itu termasuk tindakan sosial rasional instrumental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorGautama, Muhammad IsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CHATGPT, ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:20
Last Modified: 12 Jul 2024 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52839

Actions (login required)

View Item View Item