Pengaruh Kegiatan Melukis Tarik Benang Terhadap Perkembangan Kreativitas dan Kecerdasan Visual-spasial anak di Taman Kanak-kanak Aceh

Yulianti, Khairu Nisa (2024) Pengaruh Kegiatan Melukis Tarik Benang Terhadap Perkembangan Kreativitas dan Kecerdasan Visual-spasial anak di Taman Kanak-kanak Aceh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_KHAIRU_NISA_YULIANTI_22330010_390_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya perkembangan kreativitas dan kecerdasan visual-spasial dikarenakan anak terlihat belum mampu berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide kreatif serta anak belum mampu memahami berbagai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan melukis tarik benang terhadap perkembangan kreativitas dan kecerdasan visual-spasial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk eksperimen factorial design 2 x 2. Sampel pada penelitian ini adalah TKN Wajar Mutiara yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk perkembangan kreativitas dan kecerdasan visual-spasial selanjutnya alat pengumpulan data digunakan lembar pernyataan. Kemudian data dioalah dengan uji perbedaan (t-test) dengan bantuan software SPSS versi 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh kegiatan melukis tarik benang terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini dapat dilihat melalui Uji-T dengan hasil 0,000 < 0,05 (2) terdapat pengaruh kegiatan melukis tarik benang terhadap perkembangan kecerdasan visual-spasial anak usia dini dapat dilihat melalui Uji-T dengan hasil 0,000 < 0,05 (3) terdapat pengaruh kegiatan melukis tarik benang terhadap perkembanagn kreativitas dan kecerdasan visual-spasial anak usia dini dapat dilihat melalui Uji-T dengan hasil 0,075 < 0,05 (4) terdapat interaksi antara kegiatan melukis tarik benang terhadap perkembangan kreativitas dan kecerdasan visual-spasial dengan hasil 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan melukis tarik benang berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kreativitas dan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Melukis Tarik Benang, Perkembangan Kreativitas, Perkembangan Kecerdasan Visual-spasial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:57
Last Modified: 11 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52832

Actions (login required)

View Item View Item