Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Mengurangi Perilaku Passive-Aggressive Remaja dari Keluarga Single Parent

Fauziah, Febriella (2024) Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Mengurangi Perilaku Passive-Aggressive Remaja dari Keluarga Single Parent. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_01_FEBRIELLA_FAUZIAH_21151011_644_2024.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Remaja yang tinggal dengan orangtua single parent memiliki resiko kenakalan (juvenile deliquency) dibandingkan dengan remaja yang pengasuhannya dari orangtua utuh. Kondisi remaja yang diasuh oleh orangtua tunggal menyebabkan anak tidak terbiasa untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan negatif mereka secara bebas atau disebut perilaku passive-aggresive. Fenomena yang terjadi pada peserta didik di SMKN 1 Enam Lingkung terkait dengan perilaku Passive-Aggressive yaitu masih banyak peserta didik yang tidak menampilkan emosi negatif secara terbuka dan memilih menahan perasaan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan perilaku passive-aggresive peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy, (2) menganalisis perbedaan perilaku passive-aggressive peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok tanpa Cognitive Behavior Therapy, (3) menguji efektivitas konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk mengurangi perilaku passive-aggresive peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini eksperimen dengan quasi experiment design yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dari keluarga single parent, dan siswa yang memiliki perilaku passive-aggresive kategori tinggi akan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Penarikan sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model skala likert. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku passive-aggresive peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy, (2) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku passive-aggresive peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok tanpa pendekatan Cognitive Behavior Therapy, (3) terdapat efektivitas konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk mengurangi perilaku passive-aggresive peserta didik. Sehingga penelitiazn ini dapat dijadikan bahan masukan sebagai dasar bagi guru BK/Konselor dalam memberikan konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy dalam upaya mengatasi dan mencegah perilaku passive-aggresive peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Passive-Aggressive; Cognitive Behavior Therapy; single parent
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:24
Last Modified: 11 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52830

Actions (login required)

View Item View Item