Keunikan Penyajian Silek Pangian Rantau Batanghari di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

Tuttriana, Tuttriana (2024) Keunikan Penyajian Silek Pangian Rantau Batanghari di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_TUTTRIANA_19023047_2824_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui keunikan Silek Pangian Rantau Batanghari di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, meredukasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Silek Pangian adalah silek yang masuk ke Jorong Kampung Surau pada tahun 1950-an dan ditampilkan pada acara ziarah amanah di Laman Tuo Sungai Dareh. Keunikan penyajian Silek Pangian terdapat pada gerakannya yang lembut dan gemulai namun mematikan dengan cara mengambil jurus dengan cara yang lunak. Elemen-elemen dan penyajian Silek Pangian sebagai berikut : (1) terdiri dari gerak Salam, Langkah Ampek, Sembek, pitaluang, Tikam, Pangka Dahan, Ujuang dahan, Sambuik Lantiang (2)Desain Lantai (3) Musik Iringan yaitu Talempong Pacik 4) Pemain berjumlah 2 orang (5)Kostum yang Digunakan adalah baju Taluak Balango warna hitam, celana silek warna hitam, peci hitam, dan kain sembek yang diikatkan ke pinggang pemain. (6) tempat pertunjukan di tempat terbuka atau lapangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEUNIKAN PENYAJIAN SILEK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:23
Last Modified: 11 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52828

Actions (login required)

View Item View Item