Gambaran Instrumen Asesmen Hasil Belajar Sejarah pada Buku Teks Sejarah Kurikulum Merdeka

Rahma, Lailatul (2024) Gambaran Instrumen Asesmen Hasil Belajar Sejarah pada Buku Teks Sejarah Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_LAILATUL_RAHMA_19046092_3330_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah belum diketahui gambaran asesmen hasil belajar sejarah pada buku teks sejarah kelas XI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian butir soal hasil belajar sejarah dengan capaian pembelajaran sejarah (CPS), sebaran level kognitif asesmen hasil belajar sejarah, penerapan kaidah penulisan soal, serta keunggulan dan kelemahan asesmen hasil belajar sejarah pada buku teks sejarah kelas XI kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluasi. Objek evaluasi yaitu butir soal asesmen hasil belajar sejarah dalam buku teks sejarah kelas XI kurikulum merdeka. Jumlahnya 40 butir soal. Masing-masing Bab terdiri dari 5 soal pilihan ganda dan 5 butir soal esai. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar pengamatan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan kuantitatif (%) dan kualitatif. Temuan penelitian yakni secara umum soal asesmen hasil belajar sejarah belum sesuai dengan capaian pembelajaran sejarah dengan persentase diperoleh 88,8%. Sebaran level kognitif asesmensoal pilihan ganda hasil belajar sejarah dalam buku teks sejarah kelas XI Fase F yang paling banyak digunakan adalah level kognitif menjelaskan (C2) dengan persentase 45% dan pada soal asesmen esai Menganalisis (C4) dengan persentase 90%. Kaidah penulisan soal asesmen hasil belajar sejarah pada buku teks sejarah kelas XI kurikulum merdeka pada umumnya sudah sesuai dengan kaidah penulisan soal. Berdasarkan perhitungan data didapatkan skor 68,25 %. Beberapa soal yang perlu dilakukan perbaikan seperti penggunaan huruf kapital dan bahasa masih ambigu dalam sebagian soal sehingga membingungkan. Keunggulan asesmen hasil belajar sejarah dalam buku teks sejarah kelas XI terdapat pada butir soal esai sebab sudah menganalisis (C4) dan kelemahannya terdapat dalam soal pilihan ganda karena hanya sebatas mengingat dan memahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorKarima, ElfaMichelliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BUKU TEKS SEJARAH, KURIKULUM MERDEKA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:41
Last Modified: 10 Jul 2024 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52817

Actions (login required)

View Item View Item