Firdaus, Wafi Maulana (2024) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan 1-50 melalui Media Blokjes bagi Anak Tunanetra (Single Subject Research Kelas VI Tunanetra SLBN 1 Harau). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_02_WAFI_MAULANA_FIRDAUS_20003096_3419_2024.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB Negeri 1 Harau. Seorang siswa Tunanetra yang masih belum maksimal dalam penjumlahan 1-50. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-50 dengan menggunakan Media Pembelajaran blokjes . Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa tunanetra di Kelas 6 SD di SLBN 1 Harau. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase stabil 40%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan memperoleh persentase stabil 93% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan siswa memperoleh persentase stabil 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan penjumlahan bilangan 1-50 meningkat menggunakan media pembelajaran blokjes bagi anak Tunanetra.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 04:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52791 |
Actions (login required)
View Item |