Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TAV pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Sutera

Yeni, Wila Mutiara (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TAV pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Wila_Mutiara_Yeni_19065023_1739_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV di SMKN 1 Sutera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV SMKN 1 Sutera Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel didalam penelitian ini dilakukan dengan sampling jenuh. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal dalam bentuk objektif, diakhir pembelajaran setelah masing-masing diberikan perlakukan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa kelas eksperimen rata-rata sebesar 80,00 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 71,43 sehingga besar pengaruh hasil belajar siswa sebesar 10%. Hasil pengujian hipotesis Thitung > Ttabel yaitu 1,679 > 5,73, karena Thitung > Ttabel maka hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas XI TAV pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika (PRE) di SMKN 1 Sutera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnori, SartikaUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
Correctorjasril, Ilmiyati RahmyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:27
Last Modified: 09 Jul 2024 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52779

Actions (login required)

View Item View Item