Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Perawatan Peralatan Audio Video Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Guguk

Putra, Pinto Ananda (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Perawatan Peralatan Audio Video Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Guguk. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_PINTO_ANANDA_PUTRA_19065013_1784_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Persaingan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini semakin ketat dan terbuka. Masalah terbesar yang sering muncul ketika meningkatkan mutu pendidikan yaitu rendahnya kualitas proses belajar mengajar yang dilakukan oleh para guru saat ini. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengganti model pembelajaran yang monoton atau konvensional dengan model pembelajaran yang sesuai dan diminati oleh siswa. Salah satunya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam proyek-proyek yang memerlukan pemecahan masalah, penelitian, dan penerapan konsep-konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikan Perawatan Peralatan Audio Video (P3AV) dengan menggunakan model project based learning dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan melibatkan analisis data deskriptif, validitas, reliabilitas, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan setelah diterapkan model Project Based Learning, hal ini dapat dilihat dari hasil t Stat (5,652184951) > t Critical two-tail (2,085963447) yang berarti ada pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Guguk kelas XII pada mata pelajaran P3AV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJasril, Ilmiyati RahmyUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, HendraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:26
Last Modified: 09 Jul 2024 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52774

Actions (login required)

View Item View Item