Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang

Rahmi, Resti Aulia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Resti_Aulia_Rahmi_20016177_3299_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Sampel yang dipilih terdiri dari satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil test keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Instrumen penelitian ini adalah test unjuk kerja. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil eksperimen ini ada tiga, yakni sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks persuasi sebelum menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berada pada kualifikasi Haampir Cukup (HC) dengan nilai rata rata 56,50. Kedua, keterampilan menulis teks persuasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write beradapada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 76,87. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t hasil diperoleh t hitung dibandingkan dengan t tabel pada derajat kebebasan dk = n-1 pada taraf signifikan 95 % Thitung>Ttabel (7,24 >1,67) dengan demikian, hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh signifikansi penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
CorrectorHenanggil, Mita Domi FelaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:11
Last Modified: 08 Jul 2024 05:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52769

Actions (login required)

View Item View Item