Paket Informasi Profil Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat

Thasya, Nadilla (2024) Paket Informasi Profil Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NADILLA_THASYA_21026058_2059_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana proses pembuatan paket informasi Profil Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Padang; (2) bagaimana hasil uji coba produk tersebut; (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembuatan paket informasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif, yaitu data dikumpulkan melaui wawancara dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, informasi tentang Profil Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Padang sangat dibutuhkan oleh masyarakat berupa bahan bacaan terkait kurangnya informasi tentang Profil Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat. Tahapan proses pembuatan paket informasi Profil Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Padang dilakukan sebagai berikut: (1) mengidentifikasi kebutuhan pengguna yaitu dengan cara mengidentifikasi terlebih dahulu tentang kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat; (2) pengumpulan informasi yang dilakukan melalui observasi dan wawancara; (3) pengemasan informasi yaitu informasi dikemas dalam bentuk buku yang disusun dari sampul, kata pengantar, daftar isi, pembahasan, dan penutup; (4) menentukan sasaran pengguna; (5) menetapkan cara penyebaran informasi; (6) Evaluasi produk dan pembuatannya, evaluasi produk meliputi efisien waktu dalam pembuatan paket informasi serta biaya dan tenaga yang digunakan dalam pembuatan paket informasi. Kedua, hasil uji coba produk paket informasi berdasarkan analisis data, indikator tersebut mendapatkan hasil 97% dengan kategori “sangat baik” sehingga secara keseluruhan produk paket informasi ini layak untuk digunakan dan disebarkan ke masyarakat. Ketiga, dalam pembuatan paket informasi terdapat kendala yaitu: dalam proses pencarian referensi, tidak banyak mendapatkan sumber informasi dari jurnal maupun buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PAKET INFORMASI
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:10
Last Modified: 08 Jul 2024 05:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52759

Actions (login required)

View Item View Item