Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Berbasis Web Wedding Organizer (Studi Kasus Syariah Wedding Organizer)

Harahap, Edho Rahmat (2024) Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Berbasis Web Wedding Organizer (Studi Kasus Syariah Wedding Organizer). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_EDHO_RAHMAT_HARAHAP_16076049_2295_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Syariah Wedding Organizer adalah sebuah usaha jasa yang bergerak di bidang pelayanan jasa penyewaan perlengkapan pernikahan yang memiliki banyak pelanggan. Syariah Wedding Organizer ini memiliki strategi yang baik dalam menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat serta lebih mengedepankan pelanggan (customer oriented) dari pada keuntungan semata (profit oriented). Peneliti melakukan penelitian pada jasa penyewaan perlengkapan pernikahan pada Syariah Wedding Organizer, pada pengamatan awal yang peneliti lakukan Syariah Wedding Organizer masih menggunakan sistem secara manual untuk melakukan pendataan customer dan juga pelayanan serta strategi promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Masalah lainnya yang peneliti temukan adalah kurang berkembangnya Syariah Wedding Organizer disebabkan oleh sistem pelayanan seperti pada proses pelayanan pelanggan tidak adanya fasilitas yang membantu pelanggan untuk menyampaikan saran, kritik, dan pertanyaan mengenai produk serta tidak adanya fasilitas yang membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi pelayanan seperti adanya promo dan adanya diskon. Perancangan CRM menggunakan bahasa Pemrogram PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini adalah implementasi CRM berbasis web yang dapat membantu Syariah Wedding Organizer mempromosikan produk dan jasa layanannya kepada pelanggan lama dan baru serta membantu mempermudah pelanggan berkomunikasi dan melakukan order produk dan layanan Syariah Wedding Organizer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
CorrectorDelianti, Vera IrmaUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Jul 2024 23:08
Last Modified: 06 Jul 2024 23:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52753

Actions (login required)

View Item View Item