Pengaruh Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pratikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Aliwarman, Fauzan (2024) Pengaruh Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pratikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FAUZAN_ALIWARMAN_19065005_484_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana pengaruh metode Drill And Practice memengaruhi pencapaian belajar siswa dalam praktikum Perawatan dan Perbaikan Audio Video (P3AV) di kelas 12 Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, terdapat dua kelompok sampel yang terlibat, yaitu kelas 12 Teknik Audio Video (TAV) sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 12 Teknik Elektronika Industri (TEI) sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Alat penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest dalam bentuk objektif serta lembar penilaian praktik yang diberikan setelah proses pembelajaran berakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata skor 83,80, yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol dengan rata-rata skor 75,87. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode Drill and Practice memiliki pengaruh signifikan terhadap pencapaian belajar siswa sebesar 10,5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung (3,290) lebih besar dari Ttabel (1,708), sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Kesimpulannya, pengaruh metode Drill And Practice secara signifikan memengaruhi hasil belajar siswa dalam praktikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) di kelas 12 Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
CorrectorAnori, SartikaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:09
Last Modified: 05 Jul 2024 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52749

Actions (login required)

View Item View Item