Penerapan Metode Ear Training pada Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Jenis Polifoni untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Siswa di MTsN 3 Kota Padang

Azhar, Moh. Fikri (2024) Penerapan Metode Ear Training pada Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Jenis Polifoni untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Siswa di MTsN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MOH_FIKRI_AZHAR_20232054_2571_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bernyanyi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paduan suara jenis polifoni. Oleh karena itu, dengan diterapkan metode ear training sebagai metode pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dalam paduan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peningkatan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dengan menerapkan metode ear training pada siswa MTsN 3 Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ear training dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Hal ini terlihat dari siklus 1 sudah ada beberapa siswa yang mencapai penilaian baik dalam bernyanyi dan itu terlihat dari siswa yang memiliki kualitas suara baik ada 5(25%) siswa, ketepatan nada yang baik ada 3(15%) siswa, dan keharmonisan dalam bernyanyi paduan suara yang baik ada 4(20%) siswa, dan meningkat lagi pada siklus 2 yang terlihat dari kualitas suara baik ada 15(75%) siswa, ketepatan nada yang baik ada 11(55%) siswa, dan keharmonisan dalam bernyanyi paduan suara yang baik ada 13(65%) siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa Latihan bernyanyi menggunakan metode ear training dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsyUNSPECIFIED
CorrectorPratama, Olan YogaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE EAR TRAINING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:57
Last Modified: 05 Jul 2024 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52742

Actions (login required)

View Item View Item