Pelaksanaan Ekstrakurikuler Drumband di SMP Negeri 1 Batang Anai

Febrionaldo, Febrionaldo (2024) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Drumband di SMP Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FEBRIONALDO_19023067_2179_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan ektrakurikuler Drumband di SMP Negeri 1 Batang Anai. Jenis dalam penelitin ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen lain seperti alat tulis, kamera dan perekam suara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Langkah-langkah menganalisi data dalam penelitian ini yaitu megumpulkan data, mengidentifikasi dan menyimpulkan. Hasil yang didapat dalam penelitian adalah melakukan rekutmen anggota Drumband dan pelatih tidak melakukan seleksi terlebih dahulu. Akibatnya terjadinya kesenjangan atau ketidakseimbangan dalam pemilihan isntrumen, siswa lebih banyak memilih instrumen perkusi dibandingkan dengan instrumen melodi. Dalam proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Drumband ini di SMPN 1 Batang Anai dilakukan satu kali dalam seminggu dan kegiatan setiap pertemuan sama hanya saja perbedaan dalam materi lagu yang ingin dipelajari. Namun ada jawdal tambahan jika ada kegiatan latihan jika mengiringi pawai dan mengiringi upacara hari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, HarisnalUNSPECIFIED
CorrectorWimbrayardi, WimbrayardiUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, Hengki ArmezUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKURIKULER DRUMBAND
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:57
Last Modified: 04 Jul 2024 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52741

Actions (login required)

View Item View Item