Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Bangun Datar dengan Satuan Baku Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas VI SDN 07 Teladan Bukik Cangang Kota Bukittinggi

Hairanti, Hairanti (2024) Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Bangun Datar dengan Satuan Baku Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas VI SDN 07 Teladan Bukik Cangang Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HAIRANTI_18129060_2084_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 07 Teladan Bukik Cangang Kota Bukittinggi. Hal itu disebabkan oleh guru yang belum mengggunakan model pembelajaran inovatif yang bisa melibatkan peserta didik secara aktif menemukan jawaban dari setiap permasalahan sehingga mudah memahami konsep dari pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran pengukuran sudut bangun datar dengan satuan baku di kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukik Cangang Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 07 Teladan Bukik Cangang Kota Bukittinggi yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan lembar non tes. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: 1) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 86,10% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 97,22% (A), 2) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentas 82,81% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 96,87% (A), 3) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 79,68% (C) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (A), dan 4) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 70,56 dengan predikat C kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,25 dengan predikat A. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pengukuran sudut bagun datar dengan satuan baku di kelas IV SDN 07 Teladan Bukik Cangang Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:05
Last Modified: 04 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52725

Actions (login required)

View Item View Item