Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung

Ahmadi, Betaria (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_BETARIA_AHMADI_19129199_19129199_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Lubuk Tarok. Berdasarkan informasi yang didapatkan ketika observasi, hal itu terjadi karena pada proses pembelajaran tidak terdapat variasi model pembelajaran yang digunakan, melainkan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru sebagai sumber informasi sedangkan peserta didik hanya menjadi pendengar tanpa adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar itu sendiri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan model kooperatif tipe Listening Team terhadap hasil belajar tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental yang berbentuk non-equivalent control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh peserta didik kelas V SDN 8 Silongo sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas V SDN 1 Buluh Kasok sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes berupa pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban (a, b, c, dan d) yang sudah melewati tahap validasi oleh validator dan tahap uji coba soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suatu perlakuan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 56,23 dan rata-rata post-test sebesar 82,19. Sedangkan pada rata-rata pre-test kelompok kontrol sebesar 63,36 dan rata-rata post-test sebesar 75,52. Setelah analisis diperoleh hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,1133 > 2,0243 sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model kooperatif tipe listening team efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe listening team efektif digunakan dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Lubuk Tarok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:05
Last Modified: 04 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52724

Actions (login required)

View Item View Item