Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Putri Runduk Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara

Simatupang, Desti Adelia (2024) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Putri Runduk Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Desti_Adelia_Simatupang_19017009_3418_2024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Putri Runduk di Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara, (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Putri Runduk di Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif metode deskriptif dengan menggunakan kajian folklor. Data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Putri Runduk di Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik wawancara, observasi, dan perekaman hasil wawancara dengan informan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap, yaitu: (1) tahap identifikasi data, (2) tahap klasifikasi data atau analisis data, (3) tahap pembahasan atau penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data, dan (4) tahap pelaporan. Hasil dari penelitian sebagai berikut. Struktur cerita rakyat legenda Putri Runduk di Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara yang terbagi atas: (1) gaya bahasa, bahasa yang digunakan dalam menyampaikan cerita rakyat legenda Putri Runduk ini adalah bahasa pesisir dialek sibolga; (2) tokoh dan penokohan, tokoh utama dalam cerita rakyat legenda ini adalah Putri Runduk dan tokoh sampingan yaitu Raja Linggom, Raja Janggi, Datuk Itam, Dayang, Pangeran, Raja Jayanada, Raja Cina, dan Raja Sanaya; (3) alur, alur pada cerita ini adalah alur maju; (4) latar, latar yang ditemui pada cerita rakyat legenda Putri Runduk adalah latar tempat, latar waktu, dan latar suasana; (5) tema, tema yang diangkat dalam cerita ini adalah tentang seorang Putri cantik berasal dari Pulau Mursala yang teguh pada pendiriannya tidak ingin dinikahi oleh orang yang tidak dicintainya; (6) amanat, amanat yang dapat diambil dari cerita legenda Putri Runduk ini adalah ketika kita memiliki kekuasaan bukan berarti segala hal yang kita ingini bisa kita dapatkan dengan mudahnya. Fungsi sosial cerita rakyat legenda Putri Runduk adalah pewarisan tradisi lisan dan mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
CorrectorHasanuddin, WSUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:56
Last Modified: 01 Jul 2024 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52699

Actions (login required)

View Item View Item