Rancang Bangun Aplikasi untuk Memprediksi Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Efendi, Rizky Harianda (2024) Rancang Bangun Aplikasi untuk Memprediksi Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_05_RIZKY_HARIANDA_EFENDI_170761251_2714_2024.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Prestasi siswa adalah parameter krusial dalam mengevaluasi efektivitas sistem pendidikan. Dalam usaha untuk memprediksi prestasi siswa, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan metode prediksi yang tepat dapat memberikan wawasan berharga bagi pihak sekolah atau lembaga pendidikan guna meningkatkan kinerja siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Naive Bayes, sebuah pendekatan klasifikasi yang memanfaatkan teorema Bayes untuk membuat prediksi. Data yang digunakan melibatkan jarak tempat tinggal siswa dan nilai mata pelajaran yang telah dikelompokkan. Algoritma Naive Bayes memungkinkan kita untuk memodelkan probabilitas setiap label prestasi berdasarkan data yang tersedia. Penelitian ini mengungkapkan hasil prediksi prestasi dari 12 data siswa, berdasarkan informasi yang diperoleh dari manajemen sekolah. Hasil pengujian data tersebut pada aplikasi yang di rancang , menghasilkan nilai akurasi sebesar 91,67%, dengan precision kelas prediksi sangat baik sebesar 100%, prediksi baik sebesar 80,00%, dan prediksi yang memerlukan bimbingan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniadi, DennyUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
CorrectorTasrif, ElfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prediksi Prestasi Siswa , Algoritma Naive Bayes, Klasifikasi , Akurasi Data
Subjects: T Technology
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:37
Last Modified: 24 Jun 2024 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52631

Actions (login required)

View Item View Item