An Analysis of Language Function in Utterances of Presupposition in the Dialogue of the Main Character in the “How to Train Your Dragon: The Hidden World” Movie Script.

Saputra, Yudi (2024) An Analysis of Language Function in Utterances of Presupposition in the Dialogue of the Main Character in the “How to Train Your Dragon: The Hidden World” Movie Script. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_4_YUDI_ SAPUTRA_17019120_2670_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis praanggapan serta fungsi ujaran yang memuat praanggapan dalam dialog tokoh utama (Hiccup) dengan tokoh lain dalam film tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori Yule (1996) tentang tipe-tipe praanggapan dan juga dengan menggunakan Searle dalam Levinson (1983) tentang tipe-tipe fungsi bahasa untuk menganalisis data. Dari tuturan tokoh utama, data dikumpulkan dengan pendekatan deskriptif dan sesuai dengan konteks serta diidentifikasi berdasarkan aspek pragmatik tentang pengandaian. Dari 107 data, peneliti menemukan 5 jenis praanggapan, yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan struktural, praanggapan leksikal, praanggapan faktual, dan praanggapan kontrafaktual. Jenis praanggapan yang dominan adalah praanggapan leksikal. Peneliti juga menemukan fungsi bahasa pada masing-masing jenis praanggapan, yang pertama dari praanggapan eksistensial terdapat 3 fungsi bahasa yaitu representatif, direktif dan deklaratif, dari praanggapan struktural terdapat 3 fungsi bahasa yaitu representatif, direktif dan ekspresif, dari praanggapan faktual terdapat 3 fungsi bahasa yaitu representatif, ekspresif dan deklaratif, dari praanggapan leksikal terdapat 5 fungsi bahasa yaitu representatif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif, dan dari praanggapan kontrafaktual terdapat 2 fungsi bahasa. mereka representatif dan ekspresif. Fungsi bahasa yang dominan pada masing-masing jenis pengandaian adalah fungsi bahasa representatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
CorrectorJufrizal, JufrizalUNSPECIFIED
CorrectorZaim M., Zaim M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRAGMATIK, FUNGSI BAHASA, TIPE PRAANGGAPAN
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:01
Last Modified: 24 Jun 2024 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52629

Actions (login required)

View Item View Item