Analisis Faktor Penyesuaian Kapasitas Jalan Untuk Jalur Evakuasi Tsunami Kota Padang (Studi Kasus: Ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam)

Rajabtama, Muhammad Aldrin Izra (2024) Analisis Faktor Penyesuaian Kapasitas Jalan Untuk Jalur Evakuasi Tsunami Kota Padang (Studi Kasus: Ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_01_MUHAMMAD_ALDRIN_IZRA_RAJABTAMA_19323088_2893_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam pada saat ini diperkirakan masih kurang mampu digunakan sebagai jalur evakuasi tsunami akibat penyalahgunaan bahu jalan dan aktifitas samping jalan yang sibuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam sebagai jalur evakuasi tsunami Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini membahas mengenai kapasitas dan kinerja jalan saat kondisi normal dan saat kondisi evakuasi tsunami berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam pada saat jam puncak pagi dan sore tidak mampu menampung arus lalu lintas saat kondisi normal. Nilai rata-rata Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) jalan yang didapatkan pada saat jam puncak adalah D. Ketidakmampuan ini dipengaruhi oleh faktor yang mempengaruhi pengurangan akibat aktifitas pada samping jalan, Beberapa alternatif dibuat untuk memberikan solusi terkait masalah yang yang mempengaruhi pengurangan kapasitas jalan. Penertiban penggunaan bahu jalan dapat mengurangi aktifitas samping jalan. Pada saat evakuasi tsunami dianjurkan untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas dan keterlambatan evakuasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorOktavani, OktavaniUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, ITP, Evakuasi Tsunami, MKJI
Subjects: T Technology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:32
Last Modified: 21 Jun 2024 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52619

Actions (login required)

View Item View Item