Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Padang

Namiera, Shalza Putri (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SHALZA_PUTRI_NAMIERA_18061068_2594_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat pembelajaran guru masih terasa kaku dengan adanya kurikulum merdeka belajar, guru yang mengajar kurang mendapat pelatihan khusus untuk kurikulum merdeka belajar, guru mata pelajaran juga masih melaksanakan pembelajaran dengan metode yang ada pada K13 , pada saat memberikan penilaian guru juga masih kebingungan untuk mengisi format nilai dengan cara baru, pada siswa kelas X merasa kebingunan dengan adanya kurikulum merdeka, siswa masih kurang dapat memahami pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar, proyek pada kurikulum merdeka belajar juga masih membingungkan siswa. Penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada SMK Negeri 1 Padang. Dalam penelitian ini penulis memberikan kuisioner kepada guru yang mengajar di Kelas X TKP dan seluruh siswa di Kelas X TKP. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Padang dengan jumlah populasi 32 orang yang terdiri dari 10 orang guru yang mengajar di kelas X TKP dan 22 orang siswa kelas X TKP. Dari hasil angket yang di berikan kepada guru yang mengajar di kelas X diperoleh hasil pada kategori sangat setuju dengan persentase sebesar 87% untuk indikator partisipasi siswa/i dalam pendidikan yang merata. Untuk indikator pembelajaran yang efektif diperoleh hasil pada kategori sangat setuju dengan persentase 88%. Untuk indikator tiadanya ketertinggalan anak didik diperoleh hasil pada kategori sangat setuju dengan persentase 69%. Lalu hasil angket yang di berikan kepada peserta didik kelas X TKP diperoleh hasil pada kategori sangat setuju dengan persentase sebesar 91% untuk indikator partisipasisiswa/i dalam pendidikan yang merata. Untuk indikator pembelajaran yang efektif diperoleh hasil pada kategori sangat setuju dengan persentase 97%. Untuk indikator tiadanya ketertinggalan anak didik diperoleh hasil pada kategori sangat setuju dengan persentase 68%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa implementasi penerapan kurikulum merdeka belajar pada SMK Negeri 1 Padang sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorAndoyono, TotohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Implementas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:12
Last Modified: 21 Jun 2024 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52617

Actions (login required)

View Item View Item