Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak SMAN 9 Padang Pada Materi Termokimia Fase F

Afrihany F, Fina (2024) Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak SMAN 9 Padang Pada Materi Termokimia Fase F. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_FINA_AFRIHANY_F_19035086_829_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka menuntut merdeka belajar dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka. SMAN 9 Padang merupakan salah satu sekolah penggerak di kota Padang yang sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Salah satu fungsi sekolah penggerak sebagai contoh bagi sekolah lain dalam peningkatan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di SMAN 9 Padang pada materi termokimia. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah salah satu kelas XI Fase F kimia yang terdiri dari 28 orang siswa dan guru kimia yang mengajar pada kelas tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, angket siswa dan instrumen wawancara guru. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan model interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada materi termokimia berdasarkan kemampuan awal siswa dan dilaksanakan pada proses. Data menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan diferensiasi proses dengan baik namun masih perlu penyesuaian dengan prinsip diferensiasi berdasarkan kesiapan belajar. Guru masih perlu penyesuain dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan prinsip diferensiasi agar pembelajaran berdiferensiasi optimal diterapkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:35
Last Modified: 20 Jun 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52596

Actions (login required)

View Item View Item