Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Momentum Impuls dan Gerak Harmonik Sederhana Kelas X MAN 2 Padang

Marindra, Shakila Zulima (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Momentum Impuls dan Gerak Harmonik Sederhana Kelas X MAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SHAKILA_ZULIMA_MARINDRA_19033183_1146_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peserta didik dituntut tidak hanya memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah (LOT), tetapi sampai pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOT) sesuai dengan level kognitif pada taksonomi bloom revisi. Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menyelenggarakan sebuah program penilaian berbasis HOT dalam skala besar yaitu Ujian Nasional, namun kenyataannya perolehan rata-rata UN Fisika di Kota Padang mengalami penurunan pada empat tahun terakhir. Proses pembelajaran hendaknya dapat memberikan ruang kepada siswa untuk menemukan konsep pengetahuan berbasis aktivitas. Siswa dilatih untuk mampu berpikir logis, runut dan sistematis, dengan menggunakan kapasitas kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran fisika membutuhkan media pembelajaran yang interaktif sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran interaktif yang dibuat menggunakan software Lectora Inspire. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian ini Quasi Experiment dengan Post-test Only Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA MAN 2 Padang tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan dua kelas sampel yaitu X MIPA 4 menggunakan media pembelajaran interaktif sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 menggunakan media pembelajaran powerpoint untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini pada kompetensi pengetahuan adalah tes tulis berupa esai. Data yang diperoleh diuji dan dianalisa secara statistik menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian untuk kedua aspek kompetensi menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,003 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:33
Last Modified: 20 Jun 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52590

Actions (login required)

View Item View Item