Partisipasi Pemain Bola Voli Dalam Pertandingan Tarkam di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan ( Sosial, Material, Prestasi)

Azmi, Fauzan Fana (2024) Partisipasi Pemain Bola Voli Dalam Pertandingan Tarkam di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan ( Sosial, Material, Prestasi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FAUZAN_FANA_AZMI_18089216_1769_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu olahraga permainan yang paling digemari dan dimainkan oleh masyarakat adalah bola voli. Peminat olahraga bola voli yang semakin tinggi maka dilakukan kejuaraan antar club yang bahkan sampai pada kejuaraan dalam skala kecil yaitu tarkam (antar kampung). dimana daerah yang memiliki peminat tarkam paling tinggi yaitu Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan tingginya minat pada tarkam bola voli di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan maka hal ini dapat dilandasi oleh beberapa faktor diantaranya sosial, material dan prestasi. Penelitian partisipasi pemain bola voli tarkam Di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dari aspek sosial, material dan prestasi dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data didapat dari observasi di lapangan dan kuesiner penelitian yang dibagikan kepada pemain tarkam bola voli, dimana didapatkan sampel dan populasi sebanyak 102 orang pemain tarkam laki-laki di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan yang rata-rata usianya 17-34 tahun. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji validitas, reabilitas, dan korelasi pearson. Terdapat 7 pemyataan yang tidak valid, diantaranya 4 dari kuesioner aspek sosial, 2 dari kuesioner aspek material dan 1 dari kuesioner aspek prestasi. bersarkan dari pemyataan yang valid dilakukan uji reabilitas yang menyatakan bahwa kuesiner aspek sosial dan prestasi tidak reliabel dengan nilai 0,425 dan 0,565 sedangkan kuesiner aspek material reliabel dengan nilai 0,687. Selain itu uji korelasi pearson menyatakan bahwa hubungan korelasi yang lemah pada aspek sosial dengan material nilainya 0,399 sedangkan pada aspek material prestasi maupun aspek prestasai sosial menunjukkan tidak berkorelasi dengan nilai 0,051 dan 0,051. Namun partisipasi pemain bola voli tarkam di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan paling tinggi terdapat pada aspek prestasi yaitu sebesar 80,68 %, pada aspek material sebesar 76,23% dan yang terendah aspek sosial yaitu 73,84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
CorrectorSusanto, NugrohoUNSPECIFIED
CorrectorLiza, LizaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:31
Last Modified: 20 Jun 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52584

Actions (login required)

View Item View Item