Analisis Self-esteem Anak Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 3 Padang serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Ngadiman, Dyah Ayu Sakinah (2024) Analisis Self-esteem Anak Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 3 Padang serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DYAH_AYU_SAKINAH_NGADIMAN_19006075_140_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan pendidikan dan pelayanan yang sama dengan anak lainnya, sehingga mereka bisa menyadari bahwa tiap manusia pasti memiliki kelebihannya masing-masing dan akhirnya mereka bisa percaya tentang potensinya. Salah satu permasalahan anak berkebutuhan khusus ialah rendahnya self-esteem yang dimiliki. Adanya diskriminasi dan penolakan yang diberikan lingkungannya membuat anak berkebutuhan khusus mengembangkan dirinya sebagai anak dengan konsepsi negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai self-esteem yang dimiliki anak berkebutuhan khusus di SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk laporan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 ABK, dan 8 informan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan tentang analisis self-esteem anak berkebutuhan khusus, peneliti menggunakan analisis data melalui empat tahapan yaitu (1) Pengumpulan data, (2) reduksi data (data reduction), (3) paparan data (data display), dan (4) Kesimpulan (Verifying). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik dengan menggunakan transkrip wawancara yang telah di verbatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, semua subjek penelitian (ABK) memiliki self-esteem yang rendah pada aspek self-liking, hal ini menunjukkan bahwa subjek mengalami kesulitan untuk bisa menerima dan menyukai dirinya sendiri. Kedua, semua subjek penelitian (ABK) memiliki self esteem yang sedang pada aspek self-competence, hal ini menunjukkan bahwa subjek mampu untuk menerima realita yang ada tetapi kurang percaya diri untuk menampilkan kemampuannya atau kelebihannya. Dapat disimpulkan bahwa setiap aspek pada self-esteem memiliki hasil yang berbeda satu sama lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYendi, Frischa MeivilonaUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jun 2024 00:39
Last Modified: 19 Jun 2024 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52561

Actions (login required)

View Item View Item