Studi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Smash Atlet Putra Batavia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Hidayat, M. Taufik (2024) Studi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Smash Atlet Putra Batavia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B1_7_06_M. TAUFIK_HIDAYAT_17086248_2834_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan smash atlet putra Batavia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi belum begitu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan smash bolavoli Atlet Putra Batavia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh atlet putra Batavia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 13 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. variabel daya ledak otot tungkai menggunakan tes vertical jump dan koordinasi mata-tangan menggunakan balwerfen und fangen, sedangkan kemampuan smash menggunakan tes kemampuan smash. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya ledak tungkai mempunyai hubungan secara signifikan dengan kemampuan smash, karena ditemukan rhitung 0,582 > rtabel 0,553 dengan kontribusi sebesar 33,9%. Koordinasi mata-tangan mempunyai hubungan secara signifikan dengan kemampuan smash, karena ditemukan rhitung 0,574 > rtabel 0,553 dengan kontribusi sebesar 32,9%. Selanjutnya daya ledak tungkai dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama mempunyai hubungan secara signifikan dengan kemampuan smash dan diterima kebenarannya secara empiris, karena ditemukan rhitung = 0,786 > rtabel = 0,553 dengan kontribusi sebesar 61,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianti, EriantiUNSPECIFIED
CorrectorAsnaldi, ArieUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT, KEMAMPUAN SMASH, MATA TANGAN
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:48
Last Modified: 12 Jun 2024 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52491

Actions (login required)

View Item View Item