Hubungan Metode Demonstrasi dengan Minat Berwirausaha pada Peserta Pelatihan Pengolahan Makanan Ringan di Disperindag Provinsi Sumbar

Amalia, Shinta (2024) Hubungan Metode Demonstrasi dengan Minat Berwirausaha pada Peserta Pelatihan Pengolahan Makanan Ringan di Disperindag Provinsi Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SHINTA_AMALIA_19005097_2684_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat berwirausaha peserta pelatihan pengolahan makanan ringan di Disperindag Provinsi Sumbar, hal ini diduga karena metode demonstrasi dalam pelatihan yang dinilai dari aspek persiapan demonstrasi, pelaksanaan demonstrasi dan tahap penutup demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) gambaran metode demonstrasi ; (2) gambaran minat berwirausaha ; (3) melihat hubungan metode demonstrasi dengan minat berwirausaha pada peserta pelatihan pengolahan makanan ringan di Disperindag Provinsi Sumbar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 52 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel diambil dari populasi sebanyak 34 responden dengan pengambilan 65% dari total populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan korelasi rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode demonstrasi yang dipakai dalam pelatihan pengolahan makanan ringan di Disperindag Provinsi Sumbar dikategorikan kurang efektif, (2) Minat berwirausaha peserta pelatihan pengolahan pengolahan makanan ringan di Disperindag Provinsi Sumbar dikategorikan rendah; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara metode demonstrasi dengan minat berwirausaha peserta pelatihan pengolahan makanan ringan di Disperindag Provinsi Sumbar. Saran penelitian adalah : 1) Disarankan bagi pihak instansi agar mengintergrasikan unsur kewirausahaan terutama pada pelatihan pengolahan mkanan ringan 2) Disarankan kepada instruktur agar dapat berinovasi mengenai metode pembelajaran, materi pelatihan, sarana dan prasarana, waktu pelatihan, sehingga dapat menjadi pelatihan yang baik dan tepat bagi peserta 3) Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel baru sehingga dapat menambah variabel yang ada dan memperlengkapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorMhd, NatsirUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE DEMONSTRASI, MINAT BERWIRAUSAHA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:36
Last Modified: 12 Jun 2024 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52475

Actions (login required)

View Item View Item