Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 6 Padang

Putri, Auliya (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AULIYA_PUTRI_19029136_321_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam mengekspresikan permasalahan matematis. Oleh karena itu, peserta didik harus memiliki penguasaan kemampuan komunikasi matematis yang baik. Namun hasil observasi peserta didik kelas XII MIPA SMAN 6 Padang menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan peserta didik kesulitan dalam mengemukakan langkah-langkah penyelesaian dari suatu permasalahan matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 6 Padang dengan sampel penelitian yaitu kelas XII MIPA 1 dan MIPA 2. Instrumen penelitian ini berupa kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan hasil tes dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan kemampuan komunikasi matematis meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan berdasarkan hasil analisis tes diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:35
Last Modified: 12 Jun 2024 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52472

Actions (login required)

View Item View Item