Tindak Tutur Direktif Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi

Yani, Ayu Putri Yuli (2024) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_AYU_PUTRI_YULI_YANI_19016080_3089_2024.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran guru bisa mengekpresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak tutur direktif guru di kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi, dan tindak tutur direktif yang dominan digunakan oleh guru di kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Data penelitian ini dikumpulkan melalui Teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Peneliti hanya merekam saat proses pembelajaran untuk mendapatkan data tuturan direktif yang digunakan guru dalam pembelaj aran. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, ditemukan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses belajar di kelas X SMA Negri 3 Bukittinggi yaitu, tindak tutur direktif bertanya, menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, dan menantang. Tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses belajar di Kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi yaitu, tindak tutur direktif bertanya dan tindak tutur direktif yang sedikit digunakan adalah tindak tutur direktif memohon. Kedua, Strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas X SMA Negeri Bukittinggi yaitu, bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, bertutur samar-samar, dan bertutur dalam hati. Strategi yang paling dominan digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi yaitu, strategi bertutur tanpa basa-basi dan strategi bertutur yang sedikit digunakan yaitu strategi bertutur samar-samar dan strategi bertutur dalam hati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:33
Last Modified: 12 Jun 2024 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52463

Actions (login required)

View Item View Item