Pengembangan E-Modul Berorientasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Oktarina, Rizka (2024) Pengembangan E-Modul Berorientasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RIZKA_OKTARINA_21124022_2849_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bersumber dari permasalahan yang terjadi di lapangan. Di mana ditemukan kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam proses pembelajaran di sekolah. Beberapa masalah yang ditemukan yaitu belum tersedianya e-modul yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar di dalam kelas, di sekolah ini belum di terapkan pembelajaran yang berorientasi pendekatan STEM sehingga belum mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Dengan demikian, dikembangkanlah sebuah e-modul yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul berorientasi pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, ang Mathematic) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Reseach and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluastion). Lembar validasi, lembar angket praktikalitas dan tes kemampuan literasi sains merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Untuk mendeskripsikan data validitas, praktikalitas dan efektifitas menggunkan analisis data kualitatif untuk menentukan hasil kemampuan literasi sains siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini yaitu hasil validitas RPP sebesar 91% kategori sangat valid dan validitas e-modul sebesar 92% kategori sangat valid. Hasil praktikalitas respon siswa dari semua kelompok diperoleh rata-rata sebesar 91,18% kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas respon guru sebesar 92,67% kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil uji efektifitas berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 25,993 > 1,714 dan pada kelas kontrol diperoleh bawa thitung > ttabel yaitu 15,405 > 1,714 dan Sig (2-tailed) dari kedua kelas 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan literasi sains siswa untuk hasil pretest dengan hasil posttest.uji efektifitas berdasarkan N-gain Score pada diperoleh hasil sebesar 74,78 kategori tinggi pada kelas eksperimen dan 50,47 kategori sedang pada kelas kontrol. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berorientasi pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III sekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, PENDEKATAN STEM, LITERASI SAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:32
Last Modified: 12 Jun 2024 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52459

Actions (login required)

View Item View Item