Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) di SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi

Firdaus, Aditya (2024) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) di SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ADITYA_FIRDAUS_20129096_2653_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik terutama terlihat pada saat menafsirkan soal cerita dan cara peserta didik mengkomunikasikan hasil jawaban mereka tentang soal cerita dalam kalimat matematika seringkali masih terbata-bata dan tidak lancar, walaupun jawaban yang mereka dapatkan benar di kelas Va di SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi matematika peserta didik kelas Va sekolah dasar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini dilaksananakan dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) di kelas Va SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas Va yang berjumlah 28 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, LKPD, dan soal tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I ke siklus II dimulai dengan hasil analisis penyusunan modul ajar sesuai dengan pendekatan RME dan mengukur kemampuan awal melalui pengerjaan LKPD. Pada siklus I didapatkan bahwa pada indikator tata bahasa dan kemampuan strategis dengan rata-rata 69,2 (C) dan indikator kamampuan memahami masalah dengan rata-rata 69,9 (C) meningkat disiklus II pada indikator tata bahasa dan kemampuan strategis dengan rata-rata 88,4 (SB) sedangkan dalam indikator kemampuan memahami dengan rata-rata 91,5 (SB). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pembelajaran soal cerita luas bangun datar persegi panjang, persegi, dan segitiga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndika, RefionaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI MATEMATIKA, MODUL AJAR, PENDEKATAN RME
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:26
Last Modified: 11 Jun 2024 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52445

Actions (login required)

View Item View Item